-->
DomaiNesia

Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog Gratisan Untuk Promosi Produk

Kali ini saya mau berbagi mengenai cara berjualan Tokopedia menggunakan blog gratisan seperti blogspot, wordpress, dll. Saya akan beritahu beberapa blog gartis lainnya yang bisa membantu teman-teman untuk promosi produk jualan di Tokopedia.

Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog Gratisan Untuk Promosi Produk


Kenapa Menggunakan Blog Untuk Berpromosi Jualan Produk Tokopedia ?

Saya menggunakan blog untuk berpromosi jualan produk Tokopedia karena dengan blog ini jangkauan promosi kita jadi lebih luas. Atau dengan kata lain peluang orang-orang untuk melihat produk jualan saya jadi lebih luas lagi.

Membuat blog untuk jualan produk Tokopedia ini sebetulnya gampang-gampang susah, waktu awal saya mencobanya memang agak susah. Hal ini karena saya mencoba sendiri tanpa ada mentor, saya hanya mengandalkan panduan dari blog orang lain.

Awalnya saya memang memulai bisnis online menjadi affiliate amazon dan ebay, namun kelemahan saya adalah saya tidak bisa menarik uang komisi saya di paypal. Hal ini membuat saya jadi males untuk jualan online.

Meskipun ada sistem pembayaran komisi menggunakan western union dan bahkan sekaran ada toko online besar seperti Aliexpress yang membayar komisi nya langsung ke rekening bank lokal. Tapi saya sudah terlanjur males untuk mengurusi traffic dari luar negeri. Jadi saya berhenti untuk mencoba berjualan online lagi dan fokus pada google adsense waktu itu.

Namun ketika hadir beberapa ecommerce lokal seperti salah satunya Tokopedia, saya jadi bersemangat lagi. Karena melihat sistem pembayaran dan withdraw uang yang mudah dan menjaring traffic lokal.

Diawali dengan melakukan riset membuat blog gratisan dari blogger.com (blogspot) kemudian saya membuat toko online yang menjajakan produk yang sudah saya upload di Tokopedia. Meskipun diawal saya hanya menjadi dropshiper karena belum punya produk sendiri.

Saya hanya up harga dari penjual aslinya. Namun saya mencoba berpromosi dengan menggunakan blog karena jangkauan saya akan lebih luas jika menyebarkanya pada pencarian mesin pencari google.

Kenapa Tidak Menggunakan Sosial Media Untuk Berpromosi Jualan Tokopedia ?

Sosmed VS Blog Untuk Promosi Jualan Tokopedia

Waktu itu saya belum berfikir untuk menggunakan Sosial Media sebagai salah satu sarana promosi produk. Karena waktu itu saya fokus pada blog jadi sosmed hanya saya jadikan sarana untuk menyimpan link-link postingan blog saya untuk kebutuhan backlink ke blog toko online saya.

Namun seiring waktu, ternyata sosmed pun memberikan traffic yang cukup tinggi ke penjualan produk di Tokopedia saya. Akhirnya saya membuat perbandingan antara menggunakan blog dan sosmed untuk berpromosi produk Tokopedia saya dan mencoba mencari hasil dari keduanya.

Hasilnya ...

Ternyata dari sosial media hanya memberikan dampak jika kita rajin untuk mengelola sosmed tersebut, sedangkan kadang saya males untuk mengurusinya.

Dari blog justru meskipun kuantiti pemesanan lebih kecil di setiap harinya namun hampir setiap hari ada pesanan.

Jadi gambarannya seperti ini

Dalam 1 bulan saya update menggunakan Sosmed hanya paling sedikit 7 hari paling banyak 14 hari.
Orderan yang masuk sekitar paling sedikit 14 atau 15 orderan atau sekitar 1 orderan dalam setiap harinya untuk waktu sebulan.

Namun jika menggunakan blog meskipun hanya di setting dalam waktu kurang dari seminggu hasilnya lebih memuaskan. dalam satu bulan paling sedikit orderan dari blog ini adalah 30 sampai 40 order. Itupun saya setting hanya dalam waktu 4 atau 5 hari saja. Sisanya saya hanya login-login pada tokopedia saya untuk cek apakah ada orderan atau tidak dan membalas pertanyaan audiens pada pesan dan etalase produk.

Jadi saya buat kesimpulan bahwa menggunakan blog ini lebih efisien jika di bandingkan menggunakan sosmed. Namun meskipun demikian saya tetap menggunakan sosmed untuk mendorong promosi, karena dengan sosmed promosi kita jadi promosi "jemput bola". Kalau di Blog kita harus bisa membuat blog yang bisa dengan mudah di datangi para pengguna internet yang mencari sesuatu dari mesin pencari google.


Baiklah lanjut ke blog....

Bagaimana Cara Saya Menggunakan Blog Gratisan Untuk Berpromosi Jualaan Produk Tokopedia


Ini adalah cara yang sangat saya sukai selain karena gratis, pangsa pasar yang kita sasar pun sangat luas. Kenapa saya sebut sangat luas ? karena walaupun pengguna sosmed itu besar di indonesia, namun angka pencarian di google masih sangat besar pula. Jadi masih berpeluang untuk berpromosi di google dengan cara gratisan.

Blog Gratisan Yang Dipakai Untuk Berpromosi Berjualan Tokopedia

Saya menggunakan blogspot untuk di awal, karena ini adalah blog yang saya anggap paling mudah untuk di optimasi dan blogspot ini adalah salah satu produk google jadi akan lebih mudah di deteksi oleh google jika di bandingkan blog gratisan lainnya.

Langkah-langkahnya adalah pertama saya membuat blog toko online.

  • Saya gunakan template toko online gratisan untuk blogspot yang saya donwload dari blog orang lain.
  • Kemudian saya mulai membuat setiap postingan yang sumbernya saya ambil dari produk yang ada di Tokopedia saya.
  • Jadi simple nya saya arahkan setiap orang yang masuk pada postingan blog saya dan bagi mereka yang ingin membeli untuk menekan tombol yang nantinya tombol tersebut mengarah langsung ke etalase Tokopedia saya.
Terlihat cara ini sederhana dan mudah, namun kesulitan bagi saya pada saat itu adalah bagaimana caranya blog saya jadi lebih mudah dicari dan di akses oleh orang lain.

Blog Dengan Konten Apapun Akan Jadi Lebih Berguna Jika Mudah Dicari Dan Diakses Oleh Banyak Orang
- Blog PA
Mau Mencobanya ?

Simak ini selengkapnya :

Baiklah Langkah pertama untuk membuat toko online di blogspot ini, teman-teman harus mempersiapkan beberapa hal ini terlebih dahulu :


  1. Akun Gmail
  2. Foto Produk
  3. Gambar Tombol
  4. Artikel Produk
  5. Apabila ke empat hal diatas sudah ada persiapkan saatnya kita mulai untuk membangun toko online dari blogspot ini.

Mari kita praktekan seperti dibawah ini :

Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog

Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog

Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog

Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog

Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog

Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog

Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog

Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog

Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog

Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog




Kemudian jika sudah saat nya mengganti kode html template ini dengan kode html template khusus untuk toko online anda.

Anda bisa download template toko online anda dibawah ini...


Jika ingin mendapatkan tutorial lengkap untuk edit nomer telepon, link tokopedia, bukalapak, facebook, instagram dll pada toko online blogger anda silahkan ambil pada link dibawah ini, GRATIS.
TUTORIAL EDIT WIDGET BLOG TOKO ONLINE 

Contoh Tampilan TOKO ONLINE
Cek >> Toko Kaos Polos

Copy dan paste seluruh kode html pada kolom html blog anda tadi. Kemudian silahkan lihat blog anda dengan cara ketik pada browser alamat url blog toko online anda.

Jika tampilannya sudah berubah, kini saatnya anda untuk memposting produk anda. Pilih menu "POSTINGAN" pada bagian kanan dashboard blogger anda, kemudian klik tombol "ENTRI BARU" dan silahkan buat postingan produk anda semenarik mungkin dan jangan lupa membuat link atau tombol yang mengarahkan ke link etalase produk kita di Tokopedia.


Demikianlah Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog Gratisan Untuk Promosi Produk semoiga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan ketik komentar anda dibawah. Salam sukses selalu..



1 Response to "Cara Jualan di Tokopedia Menggunakan Blog Gratisan Untuk Promosi Produk"

  1. Baik sekali artikelnya ya, saya sarankan untuk mendalami lebih lanjut di sini https://finansbis.com. Agar usaha apapun yang teman-teman lakukan bisa sukses besar dan membuat perubahan yang bagus untuk kalian.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel